-->

Berwisata, Belajar, Bermain, dan Berbelanja di Kampung Cokelat Blitar

    
Berlibur ke Kampung cokelat Blitar

    Seringkali ketika orang bertanya tentang daerah asalku, dan ku sebut nama “(m)Blitar” maka mayoritas orang akan bertanya “Dekat dengan makam Bung Karno?”. Tapi Blitar bukan hanya makam Bung Karno saja, Blitar juga memilik banyak tempat menarik lainnya. Salah satunya adalah Kampung Cokelat.

    Mei 2022, di sela-sela cuti lebaran yang ku dapatkan tak lupa aku menyempatkan diri untuk berkunjung ke kampung halamanku Blitar. Secara administratif Blitar dibagi menjadi dua wilayah, yakni wilayah Kota dan Kabupaten. Sedangkan kampung halamanku berada di wilayah Kabupaten Blitar bagian barat. Selama berada dua minggu di rumah tentunya kurang afdol jika tidak meluangkan waktu untuk jalan-jalan mengunjungi tempat wisata sekitar. Dan yang menjadi pilihanku saat itu adalah Kampung Cokelat.

Sekilas Tentang Kampung Cokelat

Wisata bersama kelauarga di Kampung Cokelat Blitar

    Jujur ini merupakan pertama kalinya berkunjung ke Kampung cokelat, sejak destinasi ini berdiri sejak 17 Agustus 2014. Kampung Cokelat sendiri terletak di Jalan Benteng Blorok 18, Desa Plosorejo, Kec. Kademangan, Kab. Blitar. Jika membaca beberapa referensi, dahulunya kampung cokelat hanya memiliki luas beberapa meter persegi saja, kini memiliki luas sekitar 6,5 hektar. Wow, pertambahan luas yang cukup mengejutkan ya?

    Jika kalian kebetulan sedang berada di Kota Blitar dan ingin berkunjung ke sana cukup buka google maps saja dan ketikkan kata “Kampung Cokelat”, maka akan langsung ditunjukkan jalan menuju ke sana. Untuk jarak tempuhnya jika menggunakan kendaraan bermotor sekitar 20 -25 menit atau bisa lebih cepat. Kalau mau berlari atau jalan kaki, mungkin akan memakan waktu lebih lama, hehe.

    Harga tiket masuk Kampung Cokelat pada saat berkunjung Mei 2022 kemaren adalah Rp20.000,00/Orang. Kalau di bioskop dan destinasi lain pada saat weekend tiketnya ada kenaikan, di Kampung cokelat ini harga tiketnya tetap sama ya guys. Malah kalau kalian merupakan rombongan 50 orang dapat tiket gratis sebanyak 5 buah berlaku kelipatan. Tapi 20.000 itu cuman tiket masuk saja ya, belum termasuk wahana yang ada di dalam area Kampung Cokelat, Oiya kalau kalian bawa kendaraan saat ke Kampung Cokelat di sana disediakan tempat parkir yang luas kok, Aman. Untuk tarif parkirnya mulai 5.000 – 25.000, tergantung jenis kendaraan yang anda gunakan.

    Pada Hari Biasa (Weekday) Kampung Cokelat mulai dibuka pada jam 08:00 WIB dan tutup pada 16:30 WIB. Kalau pada hari libur (weekend) jam tutupnya diperpanjang sampai pukul 19:00 WIB. Untuk informasi penting lainnya bisa langsung saja kunjungi official websitenya di kampungcokelat.com , kalau-kalau ada perubahan terkait harga dan jam buka.

Fasilitas di Kampung Cokelat

Beberapa fasilitas di Kampung Cokelat Blitar

Apa saja yang dapat dilakukan di Kampung cokelat? Tentunya banyak dong ini nih daftar fasilitas yang ada di Kampung cokelat:

  • Area Parkir : Karena kebanyakan pengunjung kampung cokelat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan sewa maka keberadaan area parkir tentunya sangat vital. Pastinya area parkir yang tersedia cukup luas sehingga dapat menampung kendaraan yang cukup banyak. Untuk biaya parkirnya saat berkunjung kemaren untuk motor Rp5.000,00 dan mobil Rp10.000,00.
  • Wahana Permainan: wahana permainan tentunya salah satu yang dicari ketika pergi ke Kampung Cokelat memabawa keluarga terutama anak kecil. Jumlahnyapun lumayan banyak dan beragam, mulai dari swinger, carousell, kolam renang, dll. Namun untuk memakai wahana tersebut kita harus membeli tiketnya terlebih dahulu, harganya mulai dari Rp5.000,00.
  • Outlet Kuliner: Habis mengitari luasnya kampung cokelat tentunya ada rasa lapar ataupun haus, tapi tenang saja banyak sekali warung makanan yang menjajakan berbagai makakanan. Mulai dari makanan tradisional, bakso, minuman olahan cokelat, sampai makanan cepat saji. Harganya pun cukup terjangkau dan standar tempat wisata di daerah Blitar lah ya.
  • Area Yang Sejuk dan Nyaman : di dalam kampung coklat banyak sekali ruang terbuka hijau plus disediakan tempat duduk. Selain itu areanya full dengan tumbuhan hijau sehingga semakin menyejukkan mata. Sepanjang area di dalam kampung cokelat juga ada sungai atau kolam yang dipenuhi dengan ikan hias.
  • Tempat Ibadah: bagi yang suka berlama-lama di kampung cokelat, tenang saja kalau mau sholat di sana disediakan masjid di dalam areanya. Sering juga di kampung cokelat dijadikan tempat manasik haji. Di area parkir juga ada mushola warga yang lokasinya sangat dekat dengan kampung cokelat.
  • Galery Cokelat Pusat Oleh-Oleh: udah datang jauh-jauh ke kampung cokelat tentunya kurang lengkap kalau nggak bawa oleh-oleh buat keluarga di rumah. Tenang saja terdapat berbagai macam oleh-oleh di kampung cokelat ini, nggak hanya olahan cokelat saja, namun ada juga kaos dan baju dengan sablon kampung cokelat. Harganyapun terbilang cukup terjangkau.
  • Nursery Garden: khusus area ini baru dibangun pada 2020, di dalamnya terdapat berbagai macam koleksi tumbuhan mulai dari tanaman obat keluarga (TOGA) hingga berbagai macam tanaman hias. Tanaman hias yang tersedia di sini ternyata juga dapat di beli juga.

Sebenarnya masih ada banyak lagi fasilitas lainnya, mulai dari ballroom yang bisa di sewa untuk pernikahan dan acara lainnya. Namun untuk lebih jelasnya bisa datang sendiri ke sana ya.

Mungkin cukup segini dulu tulisannya, sampai jumpa di tulisan selanjutnya.


0 Response to "Berwisata, Belajar, Bermain, dan Berbelanja di Kampung Cokelat Blitar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel