-->

Akhir Tahun Bertabur Promo Menarik: Hati-Hati Ketika Belanja Online!

 


Pada akhir tahun banyak sekali promo menarik yang diberikan oleh situs-situs belanja daring. Mulai dari diskon besar-besaran, promo gratis ongkir, dan promo menarik lainnya. Seringkali kita kalap belanja ketika akhir tahun. Nah, tentunya ada hal-hal yang harus diperhatikan ketika akan melakukan belanja secara daring. Agar tidak terkena penipuan atau penyalahgunaan data pribadi, berikut hal-hal yang harus diperhatikan sebelum berbelanja:

Pertama, pastikan menggunakan situs belanja secara daring yang sudah terpercaya. Karena akhir-akhir ini marak adanya situs web palsu dan juga kebocoran data pengguna. Maka dari itu ketika mau belanja secara daring pastikan websitenya aman dan terpercaya.

Kedua, gunakan kata sandi yang kuat. Usahakan kata sandi memiliki panjang minimal delapan karakter serta memiliki kombinasi kata sandi antara huruf besar dan kecil, angka, dan juga karakter spesial. Hal tersebut dapat memperkecil kemungkinan penjahat siber untuk menembusnya. Selain itu, hindari menggunakan kata sandi yang sama untuk beberapa situs web.

Ketiga, hindari menggunakan jaringan publik atau wifi ketika melakukan transaksi keuangan. Jika terpaksa harus melakukan transaksi pastikan menggunakan virtual private network (VPN). Dengan menggunakan VPN akan membantu mencegah para penjahat siber melakukan penyadapan terhadap detail transaksi yang dilakukan.

Keempat, hindari menautkan nomor kartu bank ke akun belanja. Nomor yang dimaksudkan adalah nomor kartu kredit ataupun kartu debit. Jika terpaksa harus menautkan pastikan akun tersebut yang sering anda gunakan belanja secara daring. Selain itu pisahkan juga kartu kredit atau debit yang digunakan untuk belanja secara daring. Atur juga maksimal transaksi harian yang bisa dilakukan, jangan terlalu banyak.

Kelima, periksa secara berkala akun perbankan yang biasa digunakan untuk belanja secara daring. Barangkali ada transaksi yang mencurigakan usahakan segera melapor ke bank terkait. Selain itu, bisa juga mengaktifkan notifikasi setiap ada transaksi, sehingga memudahkan untuk memantaunya.

Selamat akhir tahun, semoga data kita selalu aman dan tidak disalahgunakan.


0 Response to "Akhir Tahun Bertabur Promo Menarik: Hati-Hati Ketika Belanja Online!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel