-->

Panduan Memilih Spare Part Sepeda Motor yang Tepat dan Berkualitas

Pengguna sepeda motor di Indonesia (Reuters)

Sepeda motor merupakan salah satu primadona transportasi di Indonesia, data dari BPS menunjukkan bahwa populasi kendaraan bermotor yang aktif duigunakan sebagai alat transportasi mengalami peningkatan tiap tahun. Berdasarkan data terakhir tahun 2022, lebih dari 125 juta sepeda motor yang ada di Indonesia dari total 148 juta kendaraan bermotor yang ada di Indonesia.

Pemilihan sepeda motor sebagai primadona alat transportasi sehari-hari di Indonesia tentunya bukanlah hal yang mengagetkan, kemampuannya menembus kemacetan dan kemudahan penggunaannya menjadikannya pilihan utama bagi banyak orang. Bahkan saya sendiripun merasakan kemudahannya, ditambah lagi harga sepeda motor yang masih terjangkau untuk sebagian besar masyaraktan di Indonesia.

Akan tetapi layaknya mesin pada umumnya, sepeda motor membutuhkan perawatan dan penggantian spare part secara berkala. Bagi Anda yang masih awam atau baru saja memiliki sepeda motor, berikut ada beberapa tips untuk memilih spare part yang tepat dan berkualitas untuk sepeda motor kesayangan anda:

1. Kenali Jenis dan Fungsi Spare Part:

Langkah pertama adalah memahami jenis dan fungsi spare part yang ingin Anda ganti. Salah satu informasi akurat dan terpercaya adalah buku manual kendaraan sepeda motor. Anda juga dapat mencari informasi di internet atau bertanya kepada bengkel terpercaya.

2. Pilih Spare Part Original atau Aftermarket:

Spare part original diproduksi oleh pabrikan resmi kendaraan Anda, sedangkan aftermarket diproduksi oleh pihak ketiga. Spare part original pada umumnya lebih mahal, namun kualitas dan kecocokannya pasti terjamin untuk sepeda motor yang Anda miliki. Spare part aftermarket biasanya menawarkan variasi harga dan pilihan yang lebih luas bisa jadi harganya lebih murah atau lebih mahal, namun Anda perlu berhati-hati dalam memilih pastikan kualitasnya oke dan cocok dengan sepeda motor Anda.

3. Pertimbangkan Kualitas dan Reputasi Brand:

Saat ini banyak beredar spare part palsu, memilih spare part dengan kualitas terbaik tentunya sangatlah penting untuk kendaraan Anda. Anda bisa mencari tahu reputasi brand spare part melalui review online, testimoni pengguna, atau rekomendasi dari bengkel terpercaya. Yang tidak kalah penting, pastikan spare part yang anda beli memiliki logo dan kemasan yang asli untuk menghindari produk palsu.

4. Sesuaikan dengan Spesifikasi Kendaraan:

Sparepart harus sesuai dengan spesifikasi kendaraan Anda. Spesifikasi tersebut seperti tahun pembuatan, model, jenis, dan tipe mesin. Periksa kembali kesesuaian spare part sebelum membelinya. Anda dapat mencocokkan kode part number pada spare part dengan yang tertera di buku manual. Atau bisa langsung ke bengkel yang menjual sekaligus memasang spare part.

5. Beli di Tempat Terpercaya:

Membeli spare part di toko resmi, bengkel resmi, atau distributor terpercaya dapat menjamin keaslian dan kualitas produk. Hindari membeli spare part di toko yang tidak jelas asal-usulnya karena berisiko mendapatkan produk palsu atau berkualitas rendah.

6. Periksa Fisik Spare Part:

Sebelum membeli, periksa detail fisik spare part dengan seksama. Pastikan tidak ada cacat, goresan, atau kerusakan pada spare part. Perhatikan pula kelengkapan komponen dan kemasannya.

7. Lakukan Perawatan Rutin:

Perawatan rutin seperti ganti oli, servis berkala, dan cek tekanan angin ban dapat memperpanjang usia spare part dan meminimalisir kerusakan.

Beberapa Spare Part yang Harus Sering Dicek secara berkala:

  • Filter Udara: Filter udara yang kotor dapat menghambat aliran udara ke mesin dan menyebabkan performa mesin menurun. Bersihkan atau ganti filter udara secara berkala, biasanya setiap 4.000-8.000 km.
  • Ban: Periksa kondisi ban secara berkala, pastikan tidak ada retak, benjolan, atau keausan yang berlebihan. Ganti ban jika sudah mencapai batas keausan yang dianjurkan.
  • Rem: Pastikan rem berfungsi dengan baik dan kampas rem tidak tipis. Periksa dan bersihkan rem secara berkala.
  • Aki: Aki adalah sumber energi utama untuk starter dan sistem kelistrikan. Periksa kondisi aki secara berkala dan bersihkan terminal aki jika terdapat kerak.
  • Rantai/Fanbelt: Rantai yang kendur atau berkarat dapat menyebabkan suara berisik dan keausan pada sprocket. Bersihkan dan lumasi rantai secara berkala, sesuaikan kekencangannya sesuai anjuran pabrikan.

Dengan mengikuti panduan ini dan melakukan perawatan rutin, Anda dapat memastikan sepeda motor Anda selalu dalam kondisi prima dan aman dikendarai.

Semoga panduan ini membantu Anda dalam memilih spare part sepeda motor yang tepat dan berkualitas. Ingatlah, spare part yang berkualitas dan perawatan rutin adalah kunci performa dan keawetan sepeda motor Anda.

2 Responses to "Panduan Memilih Spare Part Sepeda Motor yang Tepat dan Berkualitas"

  1. Artikel yang enak dan mudah difahami, Pasti saya akan merekomendasikannya pada teman saya tentang cara memilih suku cadang sepeda motor.

    ReplyDelete
  2. Memilih sparepart yang pas buat kendaraan pribadi itu penting sih, biar kendaraan juga nyaman dikendarai

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel