Sebuah Mimpi Memiliki Blog Pribadi Berlabel “Web Security”


Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang dalam masyarakat dan dari sejarah’ begitulah kiranya kata Pramoedya Ananta Toer.

Sejak kecil memang telah diajarkan bagaimana caranya menulis, setelah berjalannya waktu baru sadar ternyata menulis bukan hanya sekedar kegiatan asal-asalan saja. Menulis adalah kegiatan yang memiliki banyak aturan tapi bisa dilakukan dengan penuh kebebasan, hingga tercipta profesi yang dinamakan ‘Penulis’. Sejarah mencatat sudah banyak penulis yang menjadi pengubah dunia hingga sampai saat ini.

Dahulu, penulis memang identik dengan buku-buku atau jurnal-jurnal, atau media cetak. Sehingga orang merasa profesi penulis adalah yang sangat sulit dan bahkan enggan untuk melakukannya. Tapi sekarang semenjak perkembangan teknologi dan munculnya platform yang mendukung orang untuk menjadi penulis maka profesi penulis bukan lah sesuatu yang langka. Bisa dikatakan menulis adalah salah satu aktivitas manusia di era-milenial ini, salah satu dari evolusi profesi penulis adalah “blogger”, dengan buku digitalnya yang dinamakan blog atau website.
Berbicara mengenai blogger, entah sudah berapa lama saya kenal dengan kata ini. Awalnya tahu blog pada awal kuliah, saat dosen memberi tugas untuk membuat tulisan di blog dengan materi kuliah yang diajarkan di website mahasiswa yang telah diberikan oleh kampus. Mulai dari situ mulai kenal dengan platform blogspot ataupun wordpress yang masih berjaya sampai saat ini. Memang saya telah memiliki akun di kedua platform tersebut, tapi sampai saat ini masih hanya sebatas akun gratisan yang sewaktu-waktu bisa hilang ataupun diambil orang. Dan kayaknya semakin kesini untuk mengembangkan kemampuan menulis di blog pribadi sepertinya saya mempunyai sebuah mimipi.

Mimpi itu ada setelah mendengar kata “Web Security”
Web Security
Kayaknya baru akhir-akhir ini mendengar kata web security, tapi entah mengapa kata ini begitu menarik hati hingga berupaya untuk mencari tahu apa sebenarnya pengertian dari web security ini. Ternyata web security kalau dibahasa indonesiakan adalah keamanan web, kalau pengertiannya kurang lebih adalah tata cara atau aturan mengamankan aplikasi web yg dikelola, biasanya yang bertanggung jawab melakukannya adalah pengelola aplikasi web tersebut. Sebagai seorang blogger tentunya hal ini menjadi penting, karena mempunyai peranan penting terhadap blog yang dikelola dan yang lebih penting terhadap karya tulisan kita.

Dalam penerapannya, web security memiliki 3 prinsip utama yaitu Confidentiality, Integrity, dan Availability biasa disingkat dengan CIA. Jika seorang blogger ingin website yang dikelolanya aman (secure), maka prinsip CIA sudah selayaknya dijadikan pedoman yang harus dipahami apabila ingin website kita sulit untuk diserang. Sebagai seorang yang punya sedikit darah ke-blogger-an maka saya bermimpi untuk memiliki blog pribadi dengan label web security. Tapi sebelum melangkah kesana harus paham dulu mengenai tiga prisnsipnya.
Confidentiality memiliki makna bahwa data atau informasi yang berada di dalam sebuah website hanya dapat di baca atau di akses oleh orang-orang yang memang memiliki kewenangan untuk mengaksesnya. Kata lainnya dalam web tersebut mempunyai seorang administrator yang benar benar bertanggung jawab terhadap konten yang dihasilkan. Tidak ada penyusup yang bisa seenak hati mengubah konten yang ada pada website tersebut.

Integrity berarti data-data yang berada di dalam server atau website hanya dapat diubah atau dihapus oleh orang yang memiliki kewenangan untuk melakukan hal tersebut. Semisal ketika ada serangan sebuah virus yang dapat mengubah sebuah file, ketika virus tersebut tidak dapat mengubah nama ataupun isi filenya bisa dikatakan website tersebut aman.

Availability berarti website harus ada serta dapat diakses ketika user ingin mengaksesnya. Availability menekankan kepada dapat diaksesnya sebuah website oleh user. Mengenai siapa yang dapat mengaksesnya itu telah dicover oleh prinsip confidentiality. Jika sebuah website dapat diakses tanpa adanya error, itu berarti website tersebut telah memenuhi prinsip availability ini.

Namun untuk menerapkan tiga prinsip tersebut ternyata bukanlah sesuatu yang gampang, akan tetapi perlu usaha dan pengorbanan. Tapi tenang aja semua itu bisa dipersiapkan dan bisa dibantu oleh dewaweb. Terutama untuk beberapa hal yang wajib dimiliki untuk orang yang memiliki website.

Domain Yang Unik Membuat Website Menjadi Asyik
Domain
Lha apa hubungannya web security dengan domain? Sudah tahu domain itu apa belum, domain adalah identitas sebuah website di Internet. Domain dipakai untuk mengindentifikasi alamat dari suatu server komputer (IP Address). Domain ini bersifat unik dan berbeda satu dengan lainnya semakin unik domainnya biasanya semakin asyik. Selain itu domain memiliki eksistensinya masing-masing. Cotoh domain antara lain: dewaweb.com, dewaweb.co.id, dewaweb.id, dari ketiga contoh tersebut dewaweb merupakan domain, sedangkan .com, .co.id, dan .id adalh ekstensi domainnya.

Fungsi domain adalah membuat orang yang ingin mengakses website kita, dapat menemukannya di Internet dengan mudah. Sebenarnya, setiap website yang ada saat ini disimpan pada suatu server dan setiap server memiliki IP address. Seandainya tidak ada domain, maka apabila orang ingin mengakses website kita, mereka harus mengetikkan alamat IP suatu website melalui browsernya. Misalnya 31.13.78.42, itu adalah IP address dari Facebook. Tanpa nama domain, maka pengunjung website harus mengetikkan alamat IP tersebut secara benar melalui browsernya. Bayangkan betapa sulitnya mengakses website apabila tidak ada domain murah.

Bagaimana sih caranya dapat domain? Sebenarnya caranya banyak sekali tapi yang paling mudah adalah tinggal beli di perusahaan penyedia domain. Harga domain murah sih, apalagi belinya di dewaweb. Selain itu dewaweb juga menyediakan domain gratis bagi anda semua. Kurang apalagi coba?

Selain Domain, Hosting Tak Kalah Penting
Tips Memih hosting
Secara mudahnya hosting adalah tempat yang punya jasa layanan internet dengan menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL atau DNS. Server hosting terdiri dari gabungan server-server atau sebuah server yang terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi.

Lalu apa pentingnya seorang blogger memiliki hosting? Yups, saya akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut (meskipun belum memilik hosting sendiri, hehe). Begini ya, kan blogger menulisnya di website untuk mempromosikan website yang dimilikinya. dan untuk memperoleh keuntungan dari bisnis bloggingnya. Salah satu cara untuk bisa menjadikan blog yang telah dimiliki semakin populer dan menguntungkan maka blogger harus bisa mencari cara yang tepat dan salah satunya adalah dengan menggunakan hosting. Apalagi sekarang banyak sekali hosting murah.

Saya kasih beberpa tips dari artikel yang pernah saya baca untuk mendapatkan hosting murah dan terpercaya. Tapi saya menyarankan untuk langsung mengunjungi dewaweb, yang merupakan dewanya hosting murah.

Pertama, pastikan kebutuhan website anda akan space dan bandwidth. Logika mudahnya, apabila semakin banyak tulisan dalam web anda, maka semakin besar space yang diperlukan. Semakin banyak traffic blog anda maka semakin besar bandwidth yang diperlukan agar tidak terjadi server full load. Begitu juga sebaliknya, tapi saya rasa sebagai seorang blogger pastinya ingin punya banyak tulisan dan pengunjungnya banyak.

Kedua, perhatikan layanan dan fitur yang ditawarkan penyedia hosting murah untuk blog atau website anda. Terutama hostingnya support software apa saja, pelyanan apa saja yang diberikan, dan bantuan pada saat hosting.

Ketiga, Tentukan target pembaca dari blog anda. Misalnya blog anda mengenai kuliner maka target pembacanya adala orang-orang yang suka makan. Selain itu jika anda memilih target pembaca dari dalam negeri ada baiknya menggunakan server lokal saja agar lebih menghemat bandwidth. Tetapi jika anda memilih target pembaca seluruh dunia maka tak ada salahnya anda memilih server luar negeri seperti di Amerika atau Inggris.

Keempat, pastikan harganya sesuai denga kantong anda dan pelayanan yang didapatkan. Apabila ragu konsultasikan kepada teman, kenalan, atau bisa juga ke penyedia layanan hosting murah yang lebih paham tentang kebutuhan hosting. Sehingga jasa yang anda sewa sesuai dengan uang yang anda keluarkan.

Biar Tambah Lengkap Sediakan SSL Sertificate
Tarif SSL certificate di dewaweb.com

Mungkin ada yang bertanya, apa lagi ini? Yups, SSLCertificate adalah sebuah file data yang bekerja secara digital dan membuat website otomatis terenkripsi. Sehingga data pada website anda tidak akan terbaca oleh hacker yang mencoba merentasnya. Ketika diinstal pada server web, itu mengaktifkan kunci gembok, protokol https dan memungkinkan koneksi aman dari server web ke browser. 

Biasanya, SSL digunakan untuk mengamankan transaksi kartu kredit, transfer data dan login halaman. Bahkan sekarang menjadi norma ketika mengamankan browsing situs media sosial. Mungkin untuk blogger belum terlalu penting, tapi bagi website perusahaan maupun online shop wajib punya yang satu ini.

Mewujudkan Mimipi Bersama Dewaweb
Layar depan dan pelayanan di dewaweb.com
Nah, setelah penjelasan yang panjang, lebar, dan tinggi sehingga membentuk sesuatu yang berisi, maka saya memutuskan untuk mewujudkan mimpi saya mempunyai blog pribadi yang web security bersama dengan dewaweb. Alasannya sederhana sekali karena yang saya butuhkan ada di sana dan merupakan keungggulan dari dewaweb. Apa saja sih keunggulannya? Mari simak satu per satu.

Masalah domain murah dewaweb ahlinya, harga domain yang ditawarkan paling murah di Indonesia. Ditambah lagi semua domain yang dibeli akan mendapatkan Domain Panel, DNS Management, WHOIS Privacy Protection (optional), Domain Lock, dan DNSSEC. Selain itu ada domain gratisnya juga.

Lanjut ke hosting murah, manfaat yang ditawarkan dewaweb beraneka ragam. Mulai dengan memberikan sevis terbaik dengan cara memberikan domain gratis selama hosting di dewaweb. Selain itu juga gratis migrasi domain dan customer service 7*24 Jam non-stop. Selain itu masih banyak lagi, kalu belum percaya langsung aja kunjungi di hosting murah.

Selanjutnya ke SSL certificate di dewaweb pastinya sudah grade A, terpercaya, dan reputasinya terjamin. Selain itu ada garansi uang kembali serta diskon sampai dengan 72%. Dan semoga mimip ini menjadi terwujud bersama dewaweb.

0 Response to "Sebuah Mimpi Memiliki Blog Pribadi Berlabel “Web Security”"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel