Doa dan Pesan Suci Khas Bumi Kasuari Untuk Dukung Bersama Asian Games 2018



Pernahkah anda melihat burung Kasuari? Kasuari adalah sebangsa burung berukuran tubuh sangat besar tetapi tidak mampu terbang. Burung Kasuari merupakan burung yang indah dan juga menawan. Rasanya tak rugi menjadikan burung Kasuari sebagai ikon dan julukan provinsi ini.

Provinsi ini adalah Papua Barat, dahulunya bernama Irian Jaya Barat. Saya memang tergolong masih baru tinggal di sini, tapi terkadang suka tersenyum sendiri ketika mendengar perkataan atau membaca tulisan yang masih belum bisa membedakan antara Papua dan Papua Barat yang memang jelas berbeda. Yang paling sering saya temui adalah penyebutan Bumi Cendrawasih untuk daerah Papua Barat, padahal sebenarnya Papua Barat memiliki julukan Bumi Kasuari.

Ah, tapi tulisan ini tujuannya bukan untuk mengkritik atau menghakimi kesalahan tersebut. Tapi di dalam tulisan ini nantinya bakal diketikkan doa dan pesan suci yang khas dari Bumi Kasuari, sekaligus sebagai salam perkenalan daerah yang ada di wilayah Papua Barat. Tentunya menarik bukan?

Sudah tahu belum kalau Agustus nanti Indonesia akan mempunyai hajatan besar? Pastinya sudah banyak yang tahu, apa hayo? Pasti HUT-RI ke 73, benar juga sih tapi kurang tepat karena hajatannya skalanya Internasional. Kalau itu sih pasti ASIAN GAMES 2018. Yups, selamat anda benar.

Indonesia akan menjadi tuan rumah ASIAN GAMES 2018, dimana harus menjamu 45 negara dari kawasan Asia. Sebagai tuan rumah yang baik tentunya harus memberikan pelayanan yang maksimal dan memuaskan. Supaya tamu yang datang tidak kecewa, serta mempunyai kesan baik tentang Indonesia dan nantinya ingin datang lagi.

Sebagai bagian dari NKRI sudah selayaknya Bumi Kasuari ini #dukungbersama ASIAN GAMES 2018 dengan segenap jiwa dan raga. Dengan menjiwai kata “Energy of Asia” segenap penghuni bumi kasuari bersatu padu menyusun kekuatan demi kesuksesan penyelenggaraan dan Juara untuk Indonesia.

 

Dukungan yang pertama muncul dari manokwari, manokwari merupakan ibukota dari Papua Barat. Kota ini dijuluki sebagai kota injil, karena diyakini sebagai  kota pertama kali agama Kristen masuk ke tanah Papua dan Papua Barat tepatnya di Pulau Mansinam. Pesan yang ingin disampaikan kota ini adalah “Manfaatkan Semua Yang Telah Tuhan Berikan Pada Dorang dan Kalahkan Semua Lawan, Tuhan Senantiasa Memberkati”. Khususnya buat atlet, Tuhan telah memberikan kekuatan lantas kalau bukan kemenagan yang dikau berikan untuk Indonesia, apa lagi?

 

Selanjutnya ada manokwari selatan, dulunya merupakan wilayah manokwari. Tapi semenjak 25 Oktober 2012 menjadi sebuah kabupaten sendiri beribu kota di Ransiki. Kabupaten ini berpesan untuk membangun kota dengan wahana rekreasi dan akses pariwisata sebelum kegiatan ASIAN games dilaksanakan. Mengingat hajatnya semakin dekat, maka pembangunan harus dikebut supaya cepat selesai. Karena ini merupakan kesempatan emas untuk mempromosikan pariwisata Indonesia ke mata dunia. Seluruh rakyat Indonesia selayaknya wajib #dukungbersama pembangunan yang dilakukan.

 

Kabupaten yang tanggal berdirinya dengan Manokwari Selatan adalah Pegunungan Arfak dan sama juga merupakan pemekaran dari Manokwari. Kabupaten ini merupakan titik tertinggi dari Bumi Kasuari. Jikalau sedang beruntung, pada saat musim dingin anda bisa menemukan salju turun di puncak. Letaknya yang berada pada ketinggian maka ia berpesan bahwa perjuangaan memang butuh pengorbanan, jika sampai menderita kekalahan asalkan dirimu mau berusaha dan fahami kekurangan maka segera kau raih kemenangan. Ibarat orang yang ingin menuju ke puncak pasti ada rintangan yang harus dihadapi, sampai akhirnya ia menginjakkan kaki di puncak tujuan.


Salah satu kabupaten yang menerima Program Indonesia Terang adalah Maybrat, dengan menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) berkapasitas 280kw. Pembeangkit tersebut berada di Distrik Ayamaru Jaya dan cukup untuk menerangi sekitar 174 rumah. Ini merupakan upaya percepatan pembangunan energi listrik di desa-desa yang belum dijangkau oleh listrik PLN dan digagas oleh mantan Menteri ESDM Sudirman Said. Dengan segala keterbatasan yang dimiliki Maybrat menyampaikan amanat untuk semakin yakin dan terus berjuang untuk menjadi kuat.

 
Sorong merupakan satu-satunya nama yang mempunya kabupaten dan kotamdya, bisa dikatakan sorong merupakan kota yang paling mempunyai perekonomian paling maju diantara kota lainnya di Papua Barat. Sorong mempunyai bandara terbesar di Papua Barat bernama Domine Eduard Osok. Kota ini mempunyai doa semoga rakyat Indonesia mendukung kontingen yang berjuang. Karena dukungan rakyat adalah sumber semangat.

 

Kabupaten ini merupakan yang paling terkenal di seantero raya diantara lainnya, ia adalah Raja Ampat. Raja Ampat layaknya surga dunia, dengan destinasi wisata sekelas Wayag dan Piaynemo yang menjadi idola, serta alam bawah lautnya yang menjadi primadona. NAmun dibalik keindahannya ia berpesan untuk senantiasa meragkul serta jabat erat kawan dan lawanmu untuk menemukan sahabat. Karena raja ampat yakin bahwa dengan persahabatan manusia dengan alamlah pariwisata di Raja Ampat bisa maju sampai saat ini.

 

Sorong Selatan memiliki Sungai Sembra dengan air berwarna biru dan sangat jernih. Arusnya lambat terutama saat air laut pasang, sungai bagai kolam raksasa karena lebarnya mencapai belasan meter. Layaknya sungai yang tenang iapun yakin bahwa selagi orang Indonesia mau mendukung semuanya pasti lancar dan tanpa hambatan. Lancarnya layaknya air sungai yang menuju laut, meskipun ada hambatan pasti akan ditaklukkan.



Fakfak mempunyai masjid tertua di Papua Barat bernama Patimburak. Fakfak merupakan satun-satunya kabupaten dengan mayoritas muslim terbanyak di Papua Barat. Layaknya orang islam iapun berdoa menggunakan bahasa arab, Fastabiqul Khoirot, wa Fallahu Khoirun hafizun. Artinya berlomba-lombalah dalam berbuat kebaikan dan kepada Allah sebaik-baiknya pelindung.


Anda pasti tidak menyangka bahwa di Teluk Wondama berpotensi sumber daya alam yang sangat menjanjikan dan digadang-gadang simpanan masa depan Indonesia. Hal itu dikemukakan oleh Pusat Riset  Laut dan Sumber Daya Non Hayati, Badan Riset Kelautan dan Perikanan (BRKP). Maka dari itu pesannya yaitu tetaplah untuk menampilkan wajah orang yang selalu damai dan manis.

 
Kabupaten Teluk Bintuni mempunyai kilang LNG tangguh untuk menampung gas alam dari beberapa blok, hal tersebut juga menjadi sumber APBD. Sebab itulah ia mempunyai kata motivasi yan ampuh yakni “Terbanglah Untuk Meraih Bintang Kemenangan di Negeri Ini”.  



Jika ingin melihat Penyu Belimbing pergi saja ke Kabupaten Tambrauw, apalagi pada bulan Maret sampai Oktober bakalan ada musim peneluran. Yakin deh bakalan menakjubkan, makanya untuk para atlet tanamkan semangat berapi-api, prestasi dan juara hukumnya wajib.

 
Penyu juga terdapat di Kaimana, selain itu anda bisa menikmati pantai, diving, melihat sunset, wisata hiu paus, bird watching, air terjun, serta melihat hadrah pesta lebaran. Pkoknya lengkap deh di Kaimana. Karena itu Kaimana memotivasi untuk selalu percaya, “Karena Indonesia Pasti Menang dan Juara”.

Pesan saya pribadi mari kita #dukungbersama Indonesia dalam ASIAN Games 2018.

2 Responses to "Doa dan Pesan Suci Khas Bumi Kasuari Untuk Dukung Bersama Asian Games 2018"

  1. Tulisan yang menarik... Semoga Asian Games 2018 berjalan lancar dan sukses... Aamiin...

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel