Pengalaman Rekrutmen Pegawai Setingkat Staff Posisi Kasir di Bank Indonesia Tahun 2017

Foto di Depan Gedung Bank Indonesia Jl. Kebon Sirih (Dari Kiri Saya, Irwan, Dadang-tengah, Azwin, dan Aurelius)
Selamat Sore Sobat Blogger pada postingan kali ini aku akan sedikit share pengalaman aku ketika menjalani proses rekrutmen di Bank Indonesia. Mungkin sebagian dari kalian sudah banyak yang tahu mengenai Bank Indonesia, tapi mungkin juga ada yang belum tahu atau masih menerka-nerka apa itu Bank Indonesia. Yups, baiklah supaya ada sedikit gambaran mengenai Bank Indonesia saya akan menjelaskan sedikit mengenai Bank Indonesia. Bank Indonesia merupakan Lembaga Negara yang diamanahi oleh Undang – Undang yang tugasnya adalah menjaga kestabilan nilai tukar rupiah, baik terhadap barang dan jasa ataupun mata uang Negara lain. Karena merupakan lembaga Negara, jadi kedudukan Bank Indonesia sama dengan lembaga Negara lainnya seperti DPR ataupun MPR. Satu lagi hal yang harus diketahui, Bank Indonesia bukan merupakan BUMN. Yes.

Yups, mungkin paragraf diatas sedikit perkenalan mengenai Bank Indonesia, trus lanjut lagi ke topik intinya mengenai rekrutmen bank Indonesia. Tahapan seleksi di Bank Indonesia sebenernya hampir sama dengan seleksi di Instansi ataupun perusahaan lainnya. Mulai dari registrasi sampai dengan wawancara akhir. Kebetulan saya ikut proses rekrutmen staff di Bank Indonesia pada tahun 2017, untuk Posisi Kasir. Pihak ketiga yang bekerja sama dengan Bank Indonsia kebetulan adalah ppm-manajemen, katanya sih rekrutmennya sadis, tapi menurutku . … . . gimana ya?  langsung aja baca ceritaku berikut ini. Hehe

0. Administrasi

Disebut dengan tahap 0, calon peserta harus melengkapi format resume yang diberikan BI dan mendaftar secara online. Tahap ini masih di-organize sama PPM Manajemen. Kabarnya sih ada sekitar 120.000 orang yang melamar untuk 6 posisi yang dibuka dari seluruh Indonesia. Calon peserta diberi waktu seminggu (tanggal 6 s.d 11 Mei 2017)  untuk melengkapi dan mengupload berkas-berkas yang dibutuhkan.

Ga ada tips and trick, cuma bisa berdoa semoga data kita gak hilang dan dimacem-macemin. Yang lebih penting lagi sebelum memulai untuk mendaftar minta doa restu dari orang tua, teruama ibu, YES. Di resume itu juga kita memilih lokasi tes yang diinginkan serta penempatan awal kita yang akan menjadi homebase. Saya sarankan ketika memilih lokasi penempatan dipikirkan secara matang-matang dan pertimbangan terlebih dahulu, karena kemungkinan penempatan awal ini kita akan ditempatkan disana selama minimal 3 tahun kalau maksimalnya bisa disana terus. Pengumuman dari tes administrasi ini kira-kira 4 hari setelah penutupan pendaftaran, dan Alhamdulillah saya dinyatakan lolos dan lanjut ke tahapan selanjutnya.

1. Tes pengetahuan umum, pengetahuan khusus, psikotes, dan kebanksentralan

Selang seminggu, dari pengumuman administrasi maka dilakukan tes pengetahuan khusus, psikotes dan kebanksentralan. Karena aku memilih lokasi tes di Surabaya maka aku juga tes di Surabaya, tepatnya di Kampus B Universitas Airlangga. Tes dilaksanakan hari Sabtu dan Minggu hal ini memudahkan bagi kita yang masih bekerja, jadi tidak menggangu pekerjaan kita. Tapi pada saat tes ini aku dapet bagian hari Minggu tanggal 21 Mei 2017, kayaknya sih antara cewek dan cowok hari tesnya dibedakan karena pada saat tes kemaren aku sama sekali tidak melihat penampakan wanita di sana. Katanya sih yang cewek udah tes hari sabtu kemaren.

Tesnya hampir sama dengan tes-tes kerja lainnya mulai dari psikotes yang berisi tes memori, tes analitis. Cuma aku merasa tesnya banyak dititik beratkan di analisis, seperti deret, mencari pola selanjutnya dari 3 bentuk, pola bangun ruang, kubus, dll. Mungkin memang yang dicari adalah orang yang analisisnya kuat instead of kemampuan bahasa atau matematis. Selanjutnya tes pauli, tes oran dan kawan kawannya. Hehe. Tes  Pauli (penjumlahan angka yang kertasnya besar kayak koran isinya angka semua), EPPS (225 soal untuk mengecek personality), sama tes gambar (pohon, orang, melanjutkan 8 gambar). Seingatku juga ada pertanyaan preferensi sama open question mengenai personality dan target-target kehidupan. Ada tips untuk psikotes ini, misalnya untuk tes Pauli nih, yang dilihat adalah apakah ketahanan kita; konsisten menjumlahkan, terus naik, terus turun, atau berfluktuasi.

Selanjutnya adalah tes Kebanksentralan, materinya dari UU 23 tahun 1999 tentang Bank sentral, UU 7 tahun 1992 tentang perbankan, UU no 7 tahun 2011 tentang Mata Uang dan juga pengetahuan mengenai fungsi dan tugas Bank Sentral, selain itu juga mengenai gambar pahlawan di Uang Kertas. Pokoknya kalau sering mengikuti perkembangan uang terkini pasti mudah deh menjawabnya. Serta sedikit-sedikit harus suka dengan ekonomi. Ow iya sampai lupa aku dari background sains tepatnya fisika jadi untuk ekonomi ya nggak semahir yang dari fakultas ekonomi. Hehe. Yang penting Nothing to lose aja. Ganbatte…. !!!!

Selain itu ada juga tes bahasa inggris tapi khusus posisi Kasir tidak ada tes bahasa Inggris jadi nggak bisa bercerita banyak mengenai tes bahasa inggris ini. Sorry ya gaes. 

2. Wawancara psikologi

Setelah psikotest dan kebanksentralaan selesai 3 minggu berselang akhirnya diumumkan hasilnya dan Alhamdulillah lanjut lagi ke tahapan selanjutnya. Tes selanjutnya juga dilakukan di hari minggu tanggal 4 Juni 2017. Oiya, dari Tahap 1, pembagian kelas dan ruangan selalu berdasarkan abjad. Jadi jangan heran kalau ketemu terus sama orang yang sama (dan bisa jadi dengan nama yang sama pula). Tes wawancara psikologi ini berdasarkan resume yang telah kita isi serta tes sebelumnya, yakni berdasarkan hasil TPA dan psikotest.  Saya diwawancara yang pertanyaannya mengonfirmasi temuan dari tes sebelumnya. Aku dapat pewawancara perempuan dan enak banget ngomongnya. Ibuya bertanya-tanya mengenai asal-usul pendidikan sampai alasan pemilihan lokasi serta hobi kita. Tipsnya sih, yang penting jujur aja menjawabnya nggak usah terlalu mengada-ngada karena bakalan keliatan banget kalau mengada-ngada. Kayaknya sih ibunya Cuma nyocokin jawaban atas semua pertanyaan dengan hasil test psikotes dan formulir data diri yang telah diisi sebelumnya.

Ow iya sebelum tes dimulai diadakan pengukuran tinggi badan jadi pastikan tingg badan anda sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan. Yes …. Hehe . Pengumuman pun akhiya keluar setelah dua atau tiga minggu berikutnya dan Alhamdulillah masih diberi kesempatan untuk mengikuti tes selanjutnya.

3. Tes Kesehatan

Seminggu sebelum pelaksanaan tes kesehatan telah diumumkan lokasi tesnya dimana dan kapan, pada awalnya tes akan dilakukan di Rumah Sakit Siloam Surabaya pada hari sabtu, 9 Juli 2017. Akan tetapi beberapa hari berikutnya diubah tempatnya menjadi di Bank Indonesia Prov. Jawa Timur belakang tugu pahlawan. Mungkin karena tempatnya di siloam terlalu kecil takut tidak muat kali ya, hehe. Karena setelah melihat jumlah peserta yang melakukan tes esehatan ada sekitar 700.n orang jadi perlu tempat yang luas.
Saya rasa untuk tes kesehatannya standar sih mulai dari kolesterol, gula,  fungsi hati, urin, EKG, X-Ray paru-paru, mata, gigi, dan pemeriksaan umum. Tapi untuk kasir ada tambahan tes alergi debu, kalau tesnya gimana saya kurang tahu tapi tesnya cuman melalui uji darah aja kayaknya.

Sebelum cek darah disarankan puasa terlebih dahulu dan setelah diambil darahnya diperbolehkan makan serta diambil darah lagi setelah makan. Tesnya ini cukup lama sampai sore hari karena untuk setiap tesnya harus antri.
Tipsnya sih mulai dari sekarang jaga kesehatan aja karena kesehatan itu amat sangat berharga brooo…. !!!

4. Tes psikiatri

Pas tes ini kelihatannya orang PPM udah ga megang secara langsung. Pengawasnya adalah psikiater dari BiMC (“anak” nya BI, kalau ga salah sih pengawasnya diambil dari institusi ini) plus orang DSDM yang tawaf di kelas. Tes Psikiatri ini sendiri dilakukan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Ruangannya luas banget dan muat untuk sekitar 400.n peserta. Ada 567 soal mengenai sesuai atau tidak sesuai pernyataannya dengan diri kita. Pelaksanaan tes psikiatri ini keesokan harinya setelah tes kesehatan atau tepatnya hari mingggunya.

Tips buat tes ini adalah supaya jujur saja dan jangan dibuat-buat. Soalnya PPKN banget, kalau dibaca baik-baik sebenarnya kita bisa tau mana yang kecenderungannya moral baik atau buruk. Contoh soalnya nih:
1. Aku belakangan ini pernah mimpi buruk.
2. Aku mencintai ibuku.
3. Aku suka menjadi pusat perhatian dalam pesta.
4. Aku seringkali menghindari seseorang yang tidak aku sukai dengan cara memutar arah jalan.
5. Aku seringkali merasa kesepian di tengah keramaian.
6. Aku hanya merasa nyaman berada di rumah sendiri.
7. Aku merasa dosaku tidak dapat diampuni.
8. Orang yang memberi kesempatan untuk dicuri sama bersalahnya dengan pencuri.
9. Aku merasa nyeri pada kepala.
10. Aku merasa takut pada ketinggian.
11. Aku merasa takut pada ular.
12. Aku merasa senang jika melihat binatang dianiaya.
13. Aku merasa takut pada ketinggian.

Dan sebagainya. Sayangnya set pertanyaan ini sensitif terhadap jawaban yang dibuat-buat. Ga mungkin manusia itu sangat sempurna, pasti ada satu dua hal yang menunjukkan sisi manusiawi (rasa benci, takut, marah, dsb). Oleh karena itu, begitu baca dan langsung punya feeling bahwa jawabannya ya (atau tidak), langsung jawab. Jangan dipikir-pikir lagi. Makin dipikir makin bingung, jawaban makin bias. Apalagi sebenarnya cuma dikasih waktu 1 jam untuk menjawab semua soal itu.

5. Wawancara Akhir

Tes Wawancara ini merupakan tahap terakhir dari tes-tes sebelumnya. Beda daripada tes sebelumnya, tes wawancara ini diselenggarakan pada hari kerja. Setelah menunggu beberapa purnama, akhirnya muncul juga untuk jadwal tes wawancara. Wawancara akir untuk wilayah Surabaya bisa dikatakan mendapat jadwal yan terakir dari daerah Indonesia lainnya. Saya mendapat jadwal wawancara hari Selasa pada salah satu hari di bulan oktober 2017. Sampai-sampai untuk menunggu pengumuman jadwal wawancara ini sempat ramai di grup telegram. Tapi ibarat pepatah ‘Pucuk dicinta ulampun tiba’ akhirnya saya dinyatakan berhak melanjutkan ke tahap ini.

Wawancara akhir dijadwalkan pagi, kira-kira sekitar jam 07.00 WIB, dan usahakan datang 15 menit sebelumnya biar nggak telat. Sebelum diwawancarai kita diberi arahan dari pewawancara apa saja nanti yang akan didapatkan apabila lolos ke tahap selanjutnya, mulai dari gaji, tujangan, dan fasililtas apasaja yang bakalan didapatkan. Seinget saya ada 3 pewawancara: 2 user yaitu KPw BI Prov. Jawa Timur dan 1 orang dari KPW BI Kediri, dan yang dari Kediri ini merupakan Pemimpin Bank Indonesia (PBI-nya), kalau nggak salah namanya Pak Djoko, dalam 1 batch wawancara yang terdiri atas 7-8 interviewee.

Penasaran nggak apa aja yang ditanyakan pada saat wawancara ini, kalau ‘nggak’ nggak papa she tapi cuman sedikit sharing aja barangkali bermanfaat. hehe Pertanyaannyha secara garis besar aja ya, yang pertama kita disuruh untuk memperkenalkan diri kita secara singkat. Kalau saya kemaren Cuma perkenalan nama, asal, lulusan PTN mana, dan pribadi singkat lainnya. Selanjutnya pewawancara menanyakan asal-usul keluarga, anak ke berapa dll. Selanjutnya menanyakan juga tugas akhir S-1 kita tentang apa. Sempet juga sih ditanya udah punya pacar apa belum. Terus ada pertanyaan singkat pilihan yang kira-kira pertanyaannya begini kalau seandainya memilih pilih “Pacar” atau ”Pekerjaan” dan pilihan ”Pacar” atau ”Keluarga”. Ada lagi pertanyaan tentang keterkaitan jurusan kita dengan posisi yang dipilih. Dan masih banyak lagi sih, kalau dijelaskan satu-persatu pasti blognya tidak muat. (alasan untuk menolak lupa)  hehe. Kalau mau tahu pertanyaannya apa lai bisa tulis di kolom komentar kok. Dan akhirnya wawancara selesai juga dan berjalan selama 40 menit-an.

Back to Tes Darah

Tes ini sebenarnya tidak ada di jadwal sebelumnya, tapi beberapa hari setelah tes wawancara tiba-tiba mendapatkan e-mail untuk melakukan tes pengambilan darah ulang. Dan kebetulan yang mendapat ini adalah untuk yang melakukan tes di Surabaya dan posisi kasir aja. Katanya sih ada yang kurang. Tapi ada sebagian yang lolos wawancara akir tidak mendapatkan e-mail ini. Tapi jalani sajalah, yang penting maju terus. Alhamdulillah tesnya berjalan lancer. Dan tinggal menungu tes lolos atau nggaknya aja.

Pengumuman Akhir

Ini yang paling mendebarkan, jantung rasanya dag-dig-dug, mengalahkan rasa ketika ujian akhir skripsi. Sesuai penumuman sebelumnya bahwa pengumuman akhir akan di emailkan pada akhir bulan November. PAda saat itu, saya masih sangat ingat sekali banget malam tanggal 30 November 2017, dan itu merupakan akhir bulan November, berhubung November tidak sampai tanggal 31. Sekitar pukul 21.00 WIB penumuman masih belum juga keluar, harap-harap cemas deh jadinya. Sekitar pukul 22.13 WIB saat masih makan Sego kucing “BOndhet”  di pinggiran kali Surabaya, akhirnya mendapatkan email yan dinanti dari rekrutmen@bi.go.id  dan Alhamdulillah saya dinyatakan lolos, mata saya langsung berkaca-kaca dan terharu dan bibir serasa tak bisa berucap selain kata pujian dan syukur ke hadirat Allah Yang Maha Kuasa. Dalam email tersebut juga dicantumkan jadwal pembekalan, berkas-berkas, dan proses selanjutnya. Berhubung sudah sampai pada tahap pengumuman akhir, telah sampai juga kita pada akhir cerita rekrutmen ini. Apabila ada cerita menarik lagi tunggu aja di postingan selanjutnya. Semoga cerita ini bermanfaat dan apabila ada pertanyaan bisa disampaikan di kolom komentar. Akhir kata Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Kartu Peserta

0 Response to "Pengalaman Rekrutmen Pegawai Setingkat Staff Posisi Kasir di Bank Indonesia Tahun 2017"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel