4 Manfaat Tersembunyi yang Didapatkan saat Mengikuti Lari Marathon

Sumber: hallosehat.com
Mendengar kata marathon, tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Marathon merupakan salah satu dari cabang olahraga atletik. Sempat beberapa artikel juga, bahwa marathon berasal dari Athena atau Yunani. Konon-katanya jarak yang ditempuh perlombaan lari marathon sekarang ini merupakan jarak yang ditempuh seorang prajurit kerajaan di Yunani. Seorang prajurit tersebut rela berlari untuk mengabarkan tentang kemenangan dalam peperangan kepada rajanya. Nah, begitulah kiranya sedikit sejarah mengenai marathon.  

Kembali ke 'Judul' yang telah saya pilih mengenai manfaat dari marathon. Karena marathon merupakan salah satu dari cabang olahraga tentunya marathon banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Karena slogan olahraga di Indonesia adalah 'Men Sana in Corporen Sano', masih ingat kan artinya? Sudah banyak sekali yang membahas manfaat bagi kesehatan olahraga ini, diantaranya: 1) Menurunkan berat badan, 2) Kesehatan jantung. 3) Meningkatkan daya tahan tubuh. 4) Koordinasi tubuh yang baik. 5) Penyingkir stres. 6) Mempercepat kerja otak. 7) Mengurangi resiko diabetes. 8) Tidur nyenyak. 9) Menunda penuaan. 10)Kesehatan pencernaan. 11) Dan masih banyak lagi. Tuh kan, manfaatnya banyak banget.

Tapi untuk postingan kai ini saya tidak akan membahas mengenai manfaat kesehatan. Karena sudah banyak yang membahas hal tersebut. Takutnya kalah saingan atau dikira plagiat, hehe. Dan alasan nggak mau membahas manfaat kesehatan yak arena judulnya kan 'tersembunyi' jadi kalau sudah banyak yang tau jadi ngggak tersembunyi lagi dong. Langsung aja cuzz tanpa banyak intermezzolangsung aja dibedah manfaat tersembunyi dari perlombaan lari pada umumnya dan marathon khususnya. Dan.... Untuk manfaat tersembunyi dari perlombaan lari marathon diantaranya adalah...

1Mendapatkan teman baru


Mendapatkan teman saat mengikuti marathon. Sumber: thejakartamarathon.com/2017
Untuk mendapatkan teman baru pada saat mengikuti perlombaan marathon ada satu syarat dasar nih yang harus dipenuhi, yakni 'mau berinteraksi' baik itu secara lisan, tulisan, ataupun perbuatan. Karena kalau nggak mau interkasi mau dapet teman baru dari mana? Hehe. Karena bakalan rugi sekali bin banget kalau sampai-sampai nggak dapet kenalan. Dan sedikit bocoran nih bagi yang belum pernah ikut marathon, marathon itu biasanya diikiuti oleh berbagai macam orang dari beberapa belahan dunia, diantaranya:

Atlet berlisensi maupun atlet non lisensi Warga Negara Indonesia
Masyarakat umum (non atlet) Warga Negara Indonesia
Atlet berlisensi maupun atlet non lisensi Warga Negara Asing
Masyarakat umum (non atlet) Warga Negara Asing
Tentunya sebuah keuntugan besar kalau mau berinteraksi degan peserta lainnya atau dengan panitianya. Trus kalau dapat kenalan banyak bilang deh Alhamdulillah.

2. Menemukan Jodoh yang Telah ditakdirkan Tuhan

Mendapatkan jodoh saat mengikuti maraton. Sumber: thejakartamarathon.com/2017
Mulai dari berinteraksi, lalu lanjut terjalin koneksi dan diakhiri dengan sebuah janji suci. Atau bisa juga dimulai dari perkenalan, lalu berteman, sembari merajut kemesraan dan diakhiri di dermaga pernikahan. #Ehm Cie-cie. Entah darimana atau bagaimana asal-usulnya hingga menjadi jodoh tentunya ini menjadi salah satu manfaat yang didapatkan ketika megikuti perlombaan marathon. Kalau memang udah jodoh nggak bakalan lari kemana, meskipun lari akhirnya pas marathon ketemu juga, hehe.  

Mungkin begitulah kiranya peribahasanya. Tapi bertemu jodoh saat lomba marathon ini beneran ada lho, bukan hanya di negeri dongeng, film, ataupun FTV aja. Percaya atau nggak percaya ada pasangan suami-istri yang kedua-duanya merupakan atlet marathon yakni Paul Lonyangata dan Purity Rionoripo. Mereka berdua merupakan pelari marathon asal Kenya. Meskipun belum saya konfirmasi keduanya bertemu saat marathon bareng, tapi bisa saya pastikan keduanya merupakan pasangan suami-istri. (kalau belum percaya bisa Tanya sama mbah google, hehe)

3. Traveling Ke Kota Tertentu dengan Biaya  'Sendiri'
Liburan ke monas. Dokumentasi pribadi
Ya iyalah dengan biaya sendiri, kan ini kemauan anda sendiri. Kecuali loe ditugaskan oleh Negara buat mewakili Negara tercinta. Tapi hal tersebut tentunya bukan menjadi penghalang untuk tetep ikutan perlombaan lari marathon, khususnya Jakarta marathon 2017. Kamu bakalan bisa foto keren di depan monas kayak yang difoto, hehe. Kalau kata pepatah sih 'Sambil menyelam minum air', udah seneng ikutan marathon masih pula ditambai dengan senengnya traveling. Karena biasanya rute yang digunakan buat marathon bakalan melewati tempat indah maupun tempat unik dan bersejarah.

Lebih bagus lagi sih kalau kamu punya kenalan atau temen yang udah lama nggak ketemu dan kebetulan doi ikutan juga maratahon yang sama. Ajang marathon bisa dijadikan momen untuk kembali bernostalia dan reuni. Syukur-syukur kalian merupakan pasangan yang baru menikah dan sama-sama suka lomba marathon. Bisa banget kan ikutan marathon, sekalian traveling sambil honeymoon. #mashook.. Kalau ini nih peribahasanya 'Sambil menyelam minum air, lihat karang yang indah, trus dapet kerang mutiara pula'. Trus bilang dalem ati 'Maka, nikmat Tuhan manalagi yang kamu dustakan.' Bisa dikatakan deh marathonnya plus-plus-plus banget.

4. Keuntungan Finansial
hadiah saat mengikuti maraton. Sumber: thejakartamarathon.com/2017
Kalau masalah ini sih, nggak usah ditanya lagi, kalau kamu menang ajang lari marathon bakalan dapet hadiah banyak banget. Apalagi kalau ikutan https://thejakartamarathon.com/2017 pastilah hadiahnya banyak banget. Hadiahnya hingga ratusan juta rupiah lho.

Sekian ya postigan dari ane. Selamat menjalani perlombaan dan semoga menjadi pemenang, patuhi peraturan perlombaan dan tetap jaga sportivitas selama perlombaan. Salam olahraga, marathon kususnya.

0 Response to "4 Manfaat Tersembunyi yang Didapatkan saat Mengikuti Lari Marathon"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel