Cerita PKL di PPF-LIPI Serpong: Perkenalan dengan Sesama Mahasiswa PKL

Mahasiswa PKL dari IPB dokumentasi: alaik murtadlo
Kudengar adzan subuh berkumandang, membangunkan setiap pasang mata yang terlelap menuju kehidupan, memanggil setiap insan menunaikan kewajiban kepada Yang Maha Esa, dan jiwakpun terpanggil memenuhi panggilan-Nya, ku basuh mukaku dengan air wudlu, segar menghampiri membasuh segala kepenatan dan kuharap hari ini adalah hari terbaik dari hari sebelumnya (Serpong).

Terbangunku dari tidurku jam 05:00:00 WIB, kuambil air wudlu dan kutunaikan sembahyang fardhu. Dengan penuh harap dan pinta ku mohon kepada Yang Maha Esa agar semua ujianku hari ini lancar dan penuh keberkahan *Aamiin*. Subuhpun berlalu kubaca lembar Kitab Suci untuk membangunkan segala semangat yang sedikit mati. Kuawalai dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim dan do’a penutup Shodaqallahul’adzim. Lantunan Ayat Suci memang selalu menyejukkan hati. Kurebahkan sejenak badanku diatas kasur memikirkan sesuatuyang memang terfikirkan. Beberapa detik telah berlalu, tak terasa jam sudah menunjukkan pukul 06:00:00 WIB, saatnya aku harus mandi membasuh diri serta mempersiapkan diri untuk menggenggam mimpiku hari ini dan menaklukan dunia ciptaan Yang Maha Kuasa.
          
Badankupun segar bugar dan siap menyuarakan semangat yang menggelegar. Kupakai sepatu serta kulangkahkan kakiku menuju kamar ketiga temanku untuk sekedar mengisi kekuatan dalam raga ini dengan beberapa suap nasi berhiaskan mie. Setelah semua persiapan telah selesai kamipun melangkahkan kaki menuju Pintu gerbang PUSPITEK untuk menunggu bus yang akan mengantarkan kami ke Pusat Penelitian Fisika LIPI, Lumayanlah buat menghemat energi ..hehe.

Dan agenda untuk hari ini adalah menepati sebuah janji supaya kami dating kembali jam 10 pagi untuk membicarakan lebih lanjut masalah PKL kami dengan dosen pembimbing. Okey..okey jam masih menunjaukkan pukul 06:33:00WIB kami sudah sampai di pintu gerbang PUPITEK kamilihat suasananya masih sedikit sepi, mobil serta motor lalu lalang kesana kemari. Kamipun mencari tempat duduk dan sambil menunggu kedua teman kami yang telah lebih dahulu PKL di PPF LIPI. Tak terasa 20 menitpun berlalu dari kejauhan sana kulihat mereka berdua berjalan pelan menyusuri jalan kehidupan.Ya betul..betul..betul… mereka berdua adalh kedua temanku bernama Yousida Hariani dan Imroatul Maghfiroh. Setelah bertatap muka kamipun bertegur sapa membasuh kerinduan yang ada.. Haha .. 3x. Setelah itu kami pun diperkenalkan dengan kenalan mereka mahasiswa dari Lampung yaitu Jeniffer dan ketiga kawannya yang kebetulan juga PKL di LIPI namun di bidang material.

Dan selang beberapa detikpun bus yang kami tunggu berhenti dihadapan kami, bus berwarna putih yang akan mengantarkan raga kami menuju PPF LIPI. Kamipun segera naik dan selang tiga menit kami sudah sampai di pintu gerbang masuk PPF LIPI, sunnguh cepat daripada waktu yang harus kami lalui tempo hari untuk menuju kesini 10 kali lipat lebih cepat malah hehehehe. Kamipun turun dari bis dan menuju PPF LIPI dan kamipun duduk berempat hingga beberapa menit kedepan sampai jam 09:30:00 WIB nanti dan saat ini jam masih menunjukkan 07:10:00 WIB, mungkin ini penantian yang lumayan lama bagi kami,namun itupun takkan terasa demi terlaksananya sebuah harapan dan cita-cita.
****

Waktu terus berjalan menyusuri setiap pelosok kehidupan dan kamipun meluapkan canda agar telihat segenngam tawa di bibir kami, dan sebuah foto meme di jejaring sosialpun mengingatkan kami bahwa hari ini merupakn hari lahir dari “I GUSTI NGURAH RAI” pahlawan yang ikut andil berjuang mengentaskan negeri ini dari ranah penjajah, beliau lahir dan di besarkan di Pulau Dewata Bali. Kamipun berfoto menunjuukkan foto beliau yang terpampang pada pecahan lima puluh ribuan dan di unggah ke jejaring social.

Waktupun berganti kamipun masuk ke dalam dan mengisi daftar hadir tamu memenuhi janji kami. Setelah beberapa menit kami menunngu maka kami dipersilahkan masuk ke dalam ruangan dan mengisi data diri kami. Setelah selesai mengisi data diri kami diantarkan pak satpam menemui pak Andi Setiono dosen pembimbing kami. Sedikit berdiskusi mengenai PKL yang akan kami jalani nanti dan kamipun sepakat mengambil tema serat optic sebagai sensor pergeseran sebagai judul karya ilmiah kami nanti.

Setelah diskusi selesai dami diantarkan ke dalam laboratorium tempat kami akan menghabiskan waktu sebulan kedepan, disana sudah menunggu teman seperjuangan dari Universitas Negeri Jakarta dan Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya mereka menjelaskan sedikit kepada kami tentang alat yang mereka kerjakan sebagai PKL mereka. Mereka menjelaskan dengan detail dan teliti kepada kami dan nampak sedikit kebingungan diraut wajah kami dan entah apa yang ada di benak kami tentang alat ini. Setelah penjelasan selesai kami keluar ruangan menuju ruang adminstrasi untuk menyeeahkan berkas yang sudah ditandatangani oleh dosen pembimbing kami dan urusan kami untuk hari inipun selesai.

Setelah itu kami berjalan menuju ke kos kami dan hampir aku lupa hari ini adalah hari jum’at, sebagai seorang muslim laki-laki merupakan suatu kewajiban bagiku untuk menunaikan shalat jum’at dan aku memutuskan untuk menuju masjid terdekat untuk menunaikan sembahyang jum’at. Setelah jum’atan saya kembali ke kos-kosan dan merebahkan badan untuk istirahat siang. Dan akupun terbangun ketika kudengar suara adzan yang menandakan waktu shalat Ashar, segera kuambil air wudlu dan ku menghadap Yang Maha Pencipta.

Selang beberapa menit adzan pun berkumandang lagi, memanggil insan untuk menunakan sembahyang maghrib, lalu ku tunaikan panggilan itu dan aku sempatkan untuk membaca ayat suci Al-Quran sebagai doa penyejuk hati. Dan ku rebahkan badanku di kasur dan terasa akupun terlelap dalam pangkuan malam. Kuliahat jam menunjukkan waktu pukul setengah sebelas malam, perut terasa keroncogan dan aku mengambil satu sachet energen lau kutelan mentah-mentah untuk sekedar mengisi perut. Sambil mendengarkan lagu kesayangan tak terasa waktu menunjukkan pukul dua belas malam, kurebahkan badan ini dan terlelap di pangkuan malam,

0 Response to "Cerita PKL di PPF-LIPI Serpong: Perkenalan dengan Sesama Mahasiswa PKL"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel